Wednesday, 13 January 2016

Sukai Halaman Untuk Mendapat Update Artikel Terbaru

Format Wmf di AutoCAD - Bagi anda yang membaca judul postingan kali ini mungkin akan mengira bahwa saya akan membahas perintah yang pastinya sudah tidak asing lagi di telinga anda yaitu perintah Export, tapi apakah saya akan membahas perintah tersebut? jawabannya tidak, walaupun perintah yang akan saya jelaskan ini memiliki konsep kerja, sama persis seperti halnya perintah export di autocad.Perintah yang saya maksudkan adalah Wmfout dan Wmfin. Sebelum memulai pembahasan mengenai kedua perintah autocad tersebut, tidak ada salahnya jika saya akan menjelaskan mengenai pengertian format wmf karena mungkin sebagian dari anda masih banyak yang belum mengetahui format tersebut.

Apa itu format WMF ?

WMF adalah suatu format berkas grafik yang didesign oleh windows. Wmf singkatan dari Windows Metafile Format. Format berbasis vektor kelas menengah untuk windows. File berformat Wmf hampir bisa dibuka di semua software yang berbasis windows seperti misalnya Paint. Format ini sering kita jumpai pada microsoft office yaitu ketika anda akan meninsertkan clip art pada pemakaian microsoft word karena clip art tersebut merupakan file berformat Wmf. 

pengertian format wmf

Menggunakan WMFOUT

Command : WMFOUT

Perintah ini digunakan untuk merubah atau menyimpan (save as) objek gambar yang anda pilih menjadi berupa file berformat Wmf. Dan tahukah kamu, bahwa jika anda merubah objek gambar menjadi file wmf maka objek tersebut akan dapat digunakan dan di kelola selayaknya anda merubah objek tersebut menjadi objek block.

Berikut cara menerapkan Wmfout pada sebuah objek gambar :

  • Terlebih dahulu, buatlah objek untuk digunakan sebagai contoh, misalnya buatlah persegi menggunakan perintah Rectangle.
  • Ketikkan Wmfout lalu tekan enter.
  • Maka akan muncul kotak Create Wmf File seperti ketika anda melakukan save as, silahkan anda pilih tempat yang akan digunakan untuk menyimpan file wmf nantinya dan silahkan anda rubah nama file tersebut.
  • Kemudian klik SAVE
  • Selanjutnya anda akan disuruh memilih objek yang akan dirubah, silahkan anda klik objek persegi yang sudah anda gambar lalu tekan enter
  • Sekarang file Wmf yang berisi gambar persegi sudah selesai dibuat.

Menggunakan WMFIN

Command : WMFIN

Perintah ini adalah kebalikannya dari perintah wmfout karena perintah ini digunakan untuk memanggil atau membuka file wmf kedalam file autocad anda. File Wmf yang sudah dibuka di autocad akan mejadi objek yang berupa objek Block jadi anda bisa mengolahnya setelah anda melakukan explode.

Berikut cara menerapkan Wmfout pada sebuah file wmf :

  • Ketikkan Wmfin lalu tekan enter
  • Maka akan muncul kotak import wmf
  • Kemudian cari file Wmf yang sudah anda simpan tadi
  • Apabila sudah ketemu, silahkan anda pilih lalu klik open
  • Letakkan file wmf anda, seperti ketika anda meng-insert objek block
  • Untuk mengolah objek tersebut, silahkan anda gunakan perintah explode
Demikian penjelasan mengenai wmf file, wmfout dan wmfin di autocad, Selamat mencoba :)
Show comments
 

KAMPUS CAD TUTORIAL