Latest News

CARA MENGETAHUI BESAR VOLUME OBJEK 3D DI AUTOCAD

Cara Cepat Menghitung Volume objek 3 dimensi di Autocad – Ketika anda inggin mengetahui berapa besar volume pada sebuah bangun ruang maka anda akan menggunakan rumus-rumus yang pernah kita pelajari di sekolah, bahkan semenjak kita masih menginjak sekolah dasarpun sudah diperkenalkan mengenai rumus tersebut. Ketika anda menghitung bangun ruang misalnya sebuah kubus maka menghitung volume menggunakan cara tersebut akan sangat mudah, akan tetapi jika anda mengjumpai sebuah benda yang tidak rata dan anda harus menghitungnya, pasti akan sangat merepotkan dan memaksa otak kita berfikir ekstra keras jika menggunakan cara tersebut.

CARA MENGETAHUI BESAR VOLUME OBJEK 3D DI AUTOCAD
Contoh penggunaan Measuregeom Volume

Bagi pengguna autocad, anda tiak perlu lagi pusing jika harus menghitung volume karena pihak autocad sudah memberikan kemudahan dengan menambahkan tool yang bisa anda gunakan untuk menghitung besar volume pada benda yang bentuknya beraturan maupun yang berbentuk tidak beraturan dan cara penggunaannya sangatlah mudah, karna anda hanya perlu melakukan beberapa langkah untuk menghitung volume benda dengan tepat. Adapun perintah yang digunakan untuk menghitug besar volume adalah Measuregeom Volume.

Menghitung volume menggunakan Measuregeom di Autocad

Apabila anda pembaca setia KampusCAD pasti sudah tidak asing lagi dengan Measuregeom karena sebelumnya saya sudah membahas semua tentang measuregeom. Bagi anda yang belum mengetahui mengenai perintah Measuregeom di autocad, saya akan mengulas sedikit mengenai perintah tersebut.
Measuredeom command adalah perintah yang digunakan untuk menghitung atau mengukur objek benda, baik yang berupa 2 dimensi mapun 3 dimensi. Perintah ini dibagi menjadi 5 alat pengukuran yaitu mengukur radius, panjang, luas dan volume. Jadi perintah ini tidak hanya digunakan untuk menghitung volume saja.
Berikut adalah tutorial cara cepat menghitung volume menggunakan measuregeom di autocad :
  • Buatlah benda / objek solid 3D, misalnya buatlah kubus menggunakan perintah box
  • Ketik Measuregeom lalu tekan enter
  • Kemudian pilih / ketikkan Volume lalu tekan enter
  • Berikutnya silahkan anda pilih metode Object yaitu dengan mengetik O lalu tekan enter
  • Klik objek solid yang sudah anda buat, maka akan muncul besar volume objek tersebut.


Akhir kata, sebenarnya ada beberapa cara lain yang bisa anda gunakan untuk menghitung besar volume di autocad seperti misalnya menggunakan Massprop, tetapi untuk pembahasan mnegenai perintah tersebut akan saya bahas di postingan berikutnya. Jadi selalu follow terus KampusCAD agar ilmu autocad yang anda pelajari selalu fresh.


Demikian penjelasan mengenai cara cepat menghitung volume objek menggunakan Measuregeom di autocad, semoga bisa bermanfaat terutama buat anda yang masih belajar autocad pemula.

Catatan Tambahan :


  1. Untuk Autocad versi 2011 dan autocad versi sebelumnya maka akan munculkotak yang berisi keterangan volume
  2. Untuk versi autocad versi 2012 keatas maka anda perlu menekan tombol F2 untuk mengetahui volumenya
Share on FacebookTweet on Twitter